Langsung ke konten utama

3 Langkah Mudah Screenshot di Windows 10

Screenshot, apa itu screenshot ? pada dasarnya screenshot atau screen capture merupakan sebuah gambar digital yang menunjukan sebagian atau seluruh area tampilan monitor computer atau notebook. Screenshot biasanya di buat menggunakan software yang sudah ada pada system operasi kita selain itu shrenshot juga bisa di buat dengan cara memfoto layar monitor PC atau notebook kita.

Sekarang pertanyaan nya adalah bagaimana cara mengambil screenshot pada layar computer atau layar notebook kita ? sudah saya sampaikan di atas bahwa screenshot di buat menggunakan software yang ada pada computer atau notebook kita, artinya sebuah software yang di gunakan khusus untuk menangkap sebagian atau seluruh layar kita dan mengkonversikan nya kedalam bentuk gambar digital. Berikut saya bahas mengenai Tiga langkah mudah untuk mengambil screenshot pada layar komputer anda.


Lihat juga video nya di sini yak


Like, coment dan subscribe jika kalian suka dengan video tersebut.


1.    Menggunakan kamera atau smartphone

Cara pertama ini cukup mudah di lakukan, membuat screenshot dengan cara memfoto tampilan layar kita menggunakan kamera ataupun smarphone kita, untuk caranya kita tinggal jepret saja tampilan layar kita menggunakan kamera atau membuka menu kamera di smarphone kita dan tinggal kita foto saja tampilan layar kita.

How to Screenshot on Windows 10


2.    Menggunakan shortcut pada keyboard kita

Cara kedua, untuk membuat screenshot kita tinggal menggunakan shortcut yang ada pada keyboard yang kita pakai, caranya adalah dengan menekan tombol "PrtSc" atau pada sebagian notebook dengan menggunakan kombinasi tombol "fn" + "PrtSc". Pertanyaan nya adalah dimana letak tombol – tombol tersebut ? kita bisa menemukan tombol "PrnSC" tombol tersebut di samping kanan sebelah atas pada bagian keyboard kita seperti pada tampilan gambar di bawah ini dan untuk tombol "fn" biasanya di letakan di samping kiri bawah berdampingan dengan tombol "CTRL" dan "Windows".

How to Take a Screenshot on Windows 10


3.    Menggunakan software bawaan

Pada cara yang kedua yaitu menggunakan software bawaan dari system operasi kita, dalam tulisan ini "Cara mengambil scresnshot (How to take Screenshot)" disini akan di contohkan pada system operasi Windows, software yang dapat kita gunakan adalah snippingtool. Snippingtool adalah software bawaan dari Microsoft yang di sematkan pertamakali pada system operasi windows vista yang di gunakan untuk mengambil screenshot, kita dapat menemukan nya dengan cara masuk ke menu start->Windows Accessories->Snippintool, atau kita juga bisa menemukan nya dengan cara mengekan tombol start dan ketikan "snippingtool" atau bisa juga dengan menekan kombinasi tombol "Windows" + "R" dan ketikan "Snippingtool" dan enter.

Screenshot Windows 10

Take a ScreeShot Windows 10

Take a Screenshot on Windows 10

Untuk menggunakan progam nya sendiri cukup mudah, anda tinggal memilih menu "New" dan pilih bagian mana yang ingin kita ambil dan save file tersebut di computer kita.

Windows 10 Screenshot

Cukup mudah kan penggunaan nya, semoga artikel ini bisa membantu kalian dalam pengambilan screenshot pada layar computer kalian.

Sekian artikel saya kali ini mengenai bagaimana cara mengambil screenshot pada layar computer kita, jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share ke teman kalian melaui facebook dan media social lain nya.


Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Troubleshoot Asus x200M yang Mati Total

Baru-baru ini saya mengalami masalah pada netbook saya netbook Asus x200M yang saya beli 2 tahun lalu mengalami masalah mati total pada saat di pakai, netbook tiba2 saja mati, saya coba charge pun indikator batery pada notebook tidak menyala sudah coba segala cara termasuk menekan tombol power sekita 5 -10 menit namun tetap tidak ada tanda-tanda kehidupan. Awal masalah di karenakan pada saat memakai notebook dengan tidak di carge mengalami low-battery kemudian saya coba carge namun saya lupa apakah listrik nya masuk ke netbook atau tidak, kemudian tiba-tiba saja netbook nya mati, tidak bisa di charge dan di hidupkan manual dengan cara menekan tombol power yang lama pun tidak bisa Karena kedua cara tersebut tidak berhasil dan berhubung saya tidak bisa cabut batery netbook di karenakan battery nya tidak plug and play (unremovable) maka saya putuskan pergi ke tempat sevice namun beberapa tempat service mengatakan bahwa netbook saya mengalami kerusakan pada IC Powernya dan harus

Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools

Setelah pada tulisan terdahulu saya menulis tentang step by step installasi SQL Server 2005 dan 2008 Express , kali ini saya akan mencoba sharing bagaimana menginstall SQL Server 2012 . Sama seperti para pendahulu nya pada SQL Server 2012 memerlukan spesifikasi hardware khusus dan beberapa software harus telah terinstall pada komputer. Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication MEMBUAT SCHEDULE BACKUP PADA SQL SEVER Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Kebutuhan Processor, memory dan Sistem Operasi : Processor Minimum  X86 processor : 1 GHz  X64 processor : 2 GHz  Rekomendasi Untuk kecepatan prosessor lebih tinggi lebih baik, rekomendasi dari Microsoft sendiri adalah 2.0 GHz atau lebih.  Memory Minimum  Edisi SQL Server Express : 51

Outlook 2016 / Outlook office365 can't show print preview / blank print preview

  Beberapa kali saya mendapatkan keluhan user mengenai print preview pada Microsoft Outlook yang tidak tampil sehingga meyebabkan email tersebut tidak bisa di cetak. Saya tidak tahu penyebab utamnya apa, namun untuk menyelesaikan masalah tersebut caranya sangat mudah, beikut cara untuk menyelesaikan masalah tersebut pada outlook 2016 / outlook office365. Tutup applikasi outlook -> Masuk ke folder %AppData%\Microsoft\Outlook" rename atau delete file “OutlPrnt” Itulah sedikit langkah yang bisa di coba untuk menyelesaikan masalah tersebut, semoga dapat membantu orang-orang yang mempunyai masalah yang sama.

MEMBUAT SCHEDULE BACKUP PADA SQL SEVER

Backup merupakan suatu proses menduplikasi data atau membuat data cadangan dari data yang ada, backup bertujuan untuk mengembalikan data apabila kita kehilangan data master selain itu backup juga berguna untuk membalikan data ke titik waktu tertentu. Karena penting nya backup data, pada tulisan kali ini saya akan coba membagikan tulisan bagaimana membuat schedule backup pada SQL Server. Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Buka SQL Server management studio kemudian konek ke database server nya Setelah terkoneksi dengan database server pada Object Explorer pilih Management Selanjutnya pilih sub menu “Maintenance Plans” kilik kanan->

Perbedaan User dan Login pada SQL Server

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai perbedaan login dan user pada SQL Server, microsoft memperkenalkan teminologi baru pada SQL Server, yaitu pada Server dan pada database nya sendiri sehingga jika di gambarkan akan seperti berikut: login = Server user = database Baca juga artikel lainya di blog ini: Cara Membuat dan Menghapus Database SQL Server Perbedaan SQL Server Authentication dan Windows Authentication Step by step Installasi SQL Server 2012 Express with Tools Bagaimana Cara Install SQL server 2016 Express di Windows Menyembunyikan user database pada SQL Server ke public user Cara Install SQL Server 2012 SQL Server Tutorial Jadi jika di lihat dari gambaran di atas, login di gunakan untuk akses ke Server SQL nya dan user di gunakan untuk mengakses database yang ada di dalam nya, mungkin untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar di bawah ini; Untuk lebih jelasnya kita coba langsung pada SQL Server nya, pertama-tama buka SQL Server Management studio d